Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Berikan Pendidikan Pemilih Pemula, KPU Denpasar Undang Siswa SMA/SMK

Oleh : kpudps | 26 Oktober 2018 | Dibaca : 240 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- Jumat (26/10/18), KPU Kota Denpasar mengundang siswa dan siswi dari 13 SMA/SMK Negeri se-Kota Denpasar untuk mengikuti Sosialisasi serta Pendidikan Pemilih Pemula “ KPU Goes To School”. Namun dari 13 SMA/SMK yang diundang hanya 9 SMA/SMK yang hadir dengan total 66 siswa. Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemula tersebut berlangsung pukul 10.00 wita di Aula Kantor KPU Kota Denpasar. Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya membuka acara dan menyampaikan apresiasinya terhadap para siswa yang bersedia mengikuti kegiatan ini. Arsa juga menjelaskan tujuan dari sosialisasi dan pendidikan pemilih pemula ini memberikan informasi dan pemahaman tentang Pemilu serta menggugah kesadaran kaum muda untuk menggunakan hak pilihnya dengan benar sehingga partisipasi masyarakat dalam Pemilu meningkat. Partisipasi masyarakat yang tinggi dalam Pemilu akan mendorong kehidupan berdemokrasi yang sehat. Pemimpin yang terpilih nantinya benar-benar didukung oleh masyarakat.

Sosialisasi dan pendidikan pemilih disampaikan oleh I Gede John Darmawan (Divisi SDM dan Parmas KPU Propinsi Bali) selaku narasumber dipandu oleh Ni Ketut Dharmayanti Laksmi (Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Denpasar). John Darmawan menjelaskan tentang demokrasi, Pemilu di Indonesia, tata cara menggunakan hak pilih, dan pentingnya menggunakan hak pilih. John berharap para siswa yang merupakan pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya. “17 April 2019 nanti gunakanlah hak pilih kalian, datang ke TPS ajak teman dan keluarga, mari kita pilih wakil rakyat dan presiden yang tepat untuk masa depan negara yg lebih baik, “ajak John.   Selanjutnya John mengajak para siswa untuk mendownload aplikasi KPU RI Pemilu 2019, untuk memperoleh informasi tentang pemilu dan mengecek apakah mereka sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. John menghimbau para siswa agar memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengecek data pemilih teman, guru, maupun keluarga mereka.  Selain KPU Kota Denpasar, I Wayan Sudarsana (Anggota Bawaslu Kota Denpasar) yang hadir dalam sosialisasi ini juga memotivasi pemilih pemula agar peka terhadap pelanggaran Pemilu. “ayo sahabat, bersama bawaslu  awasi pelanggaran dalam pemilu,”ujar Sudarsana.

Usai mensosialisasikan pemilu, KPU Kota Denpasar membuka ruang diskusi. Para siswa mengajukan beberapa pertanyaan seperti suara sah/tidak sah, alasan digunakannya tinta sebagai penanda telah memilih, sanksi bila tidak gunakan hak pilih, motivasi KPU kepada masyarakat untuk gunakan hak pilih, ingin memilih tapi tak memiliki e-KTP, serta cara menanggulangi money politic. John Darmawan dan Wayan Sudarsana pun memberikan tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut. Para siswa juga melakukan simulasi pemungutan suara. Di akhir acara, KPU Kota Denpasar memberikan souvenir bagi siswa dan siswi yang aktif dalam diskusi maupun simulasi pemungutan suara. dmn/smt


Oleh : kpudps | 26 Oktober 2018 | Dibaca : 240 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :