Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Sosialisasi Pembentukan KPPS, KPU Denpasar Bangun Optimisme PPK dan PPS

Oleh : kpudps | 16 April 2018 | Dibaca : 539 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- Senin (16/04/18), KPU Kota Denpasar mengadakan Sosialisasi Pembentukan KPPS Pilgub 2018. Acara ini berlangsung di Aula KPU Kota Denpasar pukul 14.00 wita. Beberapa instansi seperti Kapolresta, Badan Kesbangpol, Satpol PP, Perwakilan Kecamatan, PPK dan PPS se-Kota Denpasar hadir dalam sosialisasi tersebut. Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Darmawan membuka acara dilanjutkan dengan sosialisasi pembentukan KPPS oleh Ni Wayan Widhiasthini (Anggota KPU Provinsi Bali).

Widhiasthini menyampaikan jadwal tahapan pembentukan KPPS yang berlangsung dari April – Juni 2018 dan menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi oleh warga masyarakat untuk menjadi anggota KPPS. Terdapat beberapa perbedaan dalam rekrutmen KPPS Pilgub 2018 dibandingkan Pemilu maupun Pilkada sebelumnya seperti metode yang digunakan serta persyaratan yang harus dipenuhi. Dalam Pilgub 2018 ini, rekrutmen KPPS dilakukan dengan membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berminat serta penunjukan/pengusulan. Rekrutmen juga dibuka 2 kali yaitu tahap pertama tanggal 19 April-19 Mei 2018 dan tahap kedua (apabila Calon KPPS belum memenuhi jumlah atau persyaratan) tanggal 19-27 Mei 2018 . Dalam rekrutmen kali ini, syarat yang ditetapkan lebih ketat yaitu calon KPPS tidak boleh memiliki ikatan pernikahan dengan penyelenggara  tetapi ada juga syarat yang dipermudah seperti dapat menggunakan surat pernyataan mampu membaca, menulis dan berhitung jika tidak memiliki ijazah SLTA.

Persyaratan yang dinilai rumit selalu menjadi masalah klasik dalam rekrutmen KPPS. PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang ditugaskan merekrut selalu mengeluh karena minimnya jumlah warga di daerahnya yang mau menjadi KPPS akibat banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi. “Tidak pakai persyaratan saja jarang yang mau, apalagi syaratnya rumit seperti ini kita pasti kesulitan nyarinya” keluh Riman (PPS Dangin Puri Kelod). Menanggapi hal tersebut IGN Agung Darmayuda (ANggota KPU Kota Denpasar) dan Widhiasthini meminta PPK dan PPS membangun optimisme akan ada warga yang mau menjadi anggota KPPS serta dapat mengkondisikan sehingga rekrutmen KPPS dapat berjalan sesuai ketentuan.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     


Oleh : kpudps | 16 April 2018 | Dibaca : 539 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :