Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

KPU Denpasar Susun Rancangan Usulan Dapil dan Alokasi Kursi Pemilu 2019

Oleh : kpudps | 19 Januari 2018 | Dibaca : 1285 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- Kamis (18/1/18), KPU Kota Denpasar menggelar Rapat Penyusunan Rancangan Usulan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Tahun 2019 di Grand Mirah Boutique Hotel, Jalan Kaliasem Nomor 1 Denpasar. Rapat dihadiri oleh Kelompok Kerja Penataan Daerah Pemilihan dan Tim Rapat Kerja Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilihan Anggota DPRD  Kota Denpasar Tahun 2019. Rapat Penyusunan Rancangan Usulan Dapil dan Alokasi Kursi dimulai pukul 10.00 wita dan dibuka oleh Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Darmawan.

I Wayan Arsa Jaya (Anggota KPU Divisi Teknis) menyampaikan dalam rapat ini, kelompok kerja akan menyempurnakan draft rancangan usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi yang telah disusun pada akhir tahun 2017. Dasar penyusunan Rancangan Usulan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu Tahun 2019 ini antara lain Keputusan KPU RI Nomor 4 PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018, Keputusan Nomor 13/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018 dan Keputusan KPU Nomor 14/PL.01.3-Kpt/03/KPU/I/2018. Dalam penyusunan usulan daerah pemilihan dan alokasi kursi Pemilu Tahun 2019, KPU Kota Denpasar masih tetap berpedoman pada penataan daerah pemilihan Tahun 2014. Dengan demikian, jumlah kursi di Kota Denpasar adalah 45 dan terbagi ke dalam 5 daerah pemilihan (dapil). 2 dapil berada di Kecamatan Denpasar Barat yaitu Kota Denpasar 1 dan 2. Dapil Kota Denpasar 3 meliputi Kecamatan Denpasar Utara, Dapil Kota Denpasar 4 meliputi Kecamatan Denpasar Timur dan Dapil Denpasar 5 meliputi Kecamatan Denpasar Selatan. Namun pada penataan daerah pemilihan Pemilu 2019 ini terdapat perubahan alokasi kursi yang terjadi di Dapil Kota Denpasar 3 (11 kursi menjadi 12 kursi) dan Dapil Kota Denpasar 4 (9 Kursi menjadi 8 kursi). “Tidak ada persoalan dengan penataan dapil, tapi perubahan alokasi kursi di Denpasar utara dan Denpasar Timur masih menimbulkan keberatan parpol”,ungkap Arsa. Sekalipun menimbulkan keberatan dari partai politik, pada Pemilu 2019 alokasi kursi di Denpasar Utara dan Timur tetap akan mengalami perubahan sesuai dengan DAK2 dari Kemendagri yang telah dituangkan dalam Keputusan KPU .

Arsa Jaya yang didampingi seorang operator juga menjelaskan tentang aplikasi Sidapil (Sistem Informasi Daerah Pemilihan) yang merupakan alat bantu penyusunan usulan dapil dan alokasi kursi Pemilu 2019 kepada peserta rapat. Aplikasi ini memuat peta kabupaten/kota, list dapil, keterangan dapil, menu upload dokumen dan dokumen pendukung usulan dapil. Dengan menggunakan Sidapil, KPU Kabupaten/Kota dapat menyusun daerah pemilihan dengan menarik garis di kecamatan atau desa/kelurahan yang terdapat pada peta wilayah. Sidapil menyediakan 3 draft usulan dapil untuk masing-masing kabupaten/kota.

Hasil rapat ini nantinya akan disampaikan kepada masyarakat melalui website, yang dilanjutkan dengan uji publik usulan dapil dan alokasi kursi. Setelah uji publik usulan dapil dan alokasi kursi diserahkan kepada KPU RI melalui KPU Propinsi Bali. Apabila KPU Kabupaten/Kota menyerahkan 3 usulan, KPU Propinsi Bali akan menyeleksinya sehingga hanya tersisa 2 usulan yang diserahkan kepada KPU RI. 


Oleh : kpudps | 19 Januari 2018 | Dibaca : 1285 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :