Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Dalam Rangka Pendidikan Pemilih

Oleh : kpudps | 15 Desember 2017 | Dibaca : 518 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- Rendahnya tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Tahun 2015 serta kesinambungan program-program Rumah Pintar Pemilu (RPP) mendorong KPU Kota Denpasar bekerjasama dengan instansi dan lembaga strategis untuk melakukan pendidikan pemilih.  Peran dari instansi dan lembaga strategis tersebut dalam bentuk sosialisasi diharapkan dapat membantu KPU Kota Denpasar untuk meningkatkan partisipasi pemilu serta menyukseskan Pilgub Tahun 2018, Pileg dan Pilpres Tahun 2019. Kamis (14/11/17), KPU Kota Denpasar bersama dengan lembaga strategis yaitu Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Majelis Madya Desa Pekraman (MMDP), National Paralympic Committee (NPC), dan Karang Taruna Kota Denpasar. Acara penandatanganan perjanjian kerjasama ini berlangsung di Aula Kantor KPU Kota Denpasar pukul 10.30 wita.

Acara ini dibuka oleh Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Darmawan. John Darmawan menyampaikan secara ringkas tentang demokrasi di Indonesia dan pentingnya peran serta masyarakat sebagai pemilih untuk memanfaatkan pemilu sebagai sarana untuk memperoleh wakil rakyat yang berkualitas yang akan memimpin bangsa ini. Namun, nyatanya pemilih yang partisipatif dalam pemilu semakin jauh dari harapan. KPU pun ditantang untuk semakin inovatif dalam melakukan pendidikan pemilih salah satunya dengan menggandeng lembaga strategis yang bersentuhan langsung dengan segmen pemilih. Ketua KPU Propinsi Bali yang diwakili oleh anggotanya yaitu I Wayan Jondra pun memberikan sambutan dalam acara ini. Seperti halnya yang disampaikan oleh John Darmawan, Jondra mengharapkan kerjasama KPU Kota Denpasar dengan lembaga strategis ini menjadi awal yang baik dalam upaya peningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilu di Kota Denpasar kedepannya. “Kerjasama ini jangan hanya dituangkan dalam bentuk perjanjian tapi harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata sehingga partisipasi pemilih kedepannya di Denpasar bisa meningkat,”tegas Jondra.

Selain penandatanganan perjanjian kerjasama dengan 5 (lima) lembaga strategis, KPU Kota Denpasar juga mengadakan simulasi pemungutan suara yang melibatkan siswa/siswi SMK Negeri se-Kota Denpasar. Simulasi pemungutan suara ini dipandu oleh Anggota KPU Kota Denpasar Divisi SDM dan Parmas, IGN. Agung Dramayuda. Terlihat antusisme siswa/siswi yang memperagakan dan mengikuti simulasi tersebut. Melalui simulasi ini, siswa/siswi SMK yang merupakan pemilih pemula serta lembaga strategis yang melaksanakan kerjasama terkait pendidikan pemilih dengan KPU Kota Denpasar memperoleh gambaran tentang  pelaksanaan pemungutan suara di TPS.


Oleh : kpudps | 15 Desember 2017 | Dibaca : 518 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :